Sunday, August 08, 2010

Penyiar Radio, Ga Sekedar Cuma Pintar Ngomong !!!


Jadi penyiar radio ternyata ga gampang lho, buat yang pengen punya gawean jadi penyiar kita simak yuk pengalaman Togi sama Popo yang namanya mungkin udah ga asing lagi krn sering kedengeran wara-wiri di salah satu radio favorit di Jakarta. Gimana ya jadi penyiar yang handal dan apa sih kira-kira pekerjaan mereka selain jadi penyiar? Kebet bareng yuk.

Ga bisa kita pungkiri kalo konsumsi masyarakat terhadap tv jauh lebih besar dari pada radio karena tv lebih interaktif dan imajinatif, walaupun demikian bukan berarti radio ditinggalkan oleh pendengarnya terutama kalangan anak muda.. Radio bisa menjadi teman setia yang menghibur dikala suntuk/bosan, nemenin saat belajar, saat malam hari & ga ada kerjaan, saat menyetir, bahkan menemani aktifitas sehari-hari yang lain karena kepraktisannya (misal bisa dengerin melalui hp, dll)..

Agar menjadikan radio lebih menarik kedua penyiar kita, Togi Sinaga (Oz Radio) dan Puspo Wiroko (Music City FM) sepakat untuk total dalam siaran dan melakukan yang terbaik, harus membenahi program yang dibawakan, mengeluarkan ide-ide baru yang kreatif (baik dari diri sendiri ataupun bertanya kepada pendengar ttg topik menarik yang bagus untuk diangkat) dan terakhir yang ga kalah penting mempromosikan acara / radio mereka lewat you tube, fb, dan mulut ke mulut sehingga bisa menjadi “kemasan” yang menarik untuk didengar..

Kesibukan Togi dan Popo
Sebagai penyiar handal yang ngetop, Togi dan Popo punya banyak kesibukan. Popo sekarang masih sibuk kuliah di Magister Profesi Psikologi UI.. Kamu pasti tau dong gimana sibuknya mahasiswa S2, jadi kalo mau ketemu Popo nggak jauh-jauh dari tempat kuliah, tempat siaran atau rumah..

Penyiar Music City ini ternyata juga salah satu finalis Abnon Timur tahun 2008 lho, pantesan dia ga canggung lagi kalo dapet job nge-MC.. Kerjaannya sebagai penyiar sejalan sama minatnya lho, doi bilang “My interest is developing n promoting psychology through broadcasting." ujar penyiar yang pengen ngantor di perusahaan setelah lulus kuliah.. Selain itu Popo juga pengen punya acara tv sendiri yang 100% ngebahas problem-problem dari sudut psikologi yang masih sangat jarang di Indonesia lho..

Kalo Popo sibuk kuliah, Togi sibuk jadi freelance interior designer, cowok jebolan SMA 3 Jakarta ini emang top bgd kLo lagi siaran malem, doi yang kadang juga nge-MC ini ngejadiin profesi penyiarnya sbg hobby.. Walaupun antara penyiar dan interior design agak ga nyambung tp dia bilang “Kalo gue kerja gue harus dengerin music, by listening music i can get inspiration and many ideas as an interior designer.” ujar penyiar yang suka nge-eksplor different kinds of music tersebut..

Doi yang udah terjun ke dunia entertainment (ya iya lah, namanya juga penyiar) bercita-cita jadi penyiar / presenter terkenal atau bahkan jadi VJ, selain itu Togi yang ingin jadi interior designer top di Indonesia juga punya impian lain buat punya restoran sendiri lho.. Iya deh bro kita doain sukses terus buat Togi dan Popo, amin :D

Suka Duka Popo
"Sukanya ya bisa aktualisasi diri, byk banget ide2 pribadi yg bisa disampaikan lewat siaran, bikin kita tambah kreatif.. like it or not ya jadi terkenal walaupun belum seterkenal penyiar2 senior lah ya.. Terus dukanya kalo siaran pagi banget atau malem banget biasanya ngantuk, kadang ada juga pendengar yg freak, bisa2nya dia dapet no hp kita ntah dari mana n ganggu banget dengan sms2nya."

Suka Duka Togi
Hmmm, doi semangat bgd nih buat cerita2 ke kita, ini dua suka dukanya Togi :D
sukanya: 
  • gue bisa bikin Ozzers senang dengan mainin lagu request mereka maupun shout out their name on-air 
  • gue bisa nemenin Ozzers di siang hari dan malam hari. especially kalo malem2 gitu, kalo mereka ga bisa tidur, sedih bete, and etc.. gue bisa bikin mereka happy and make their night more beautiful.
  • i can give positive advices from my own life experience. dan mudah2an efeknya ke Ozzers bisa lebih baik dari gue.
  • kalo gue lagi bete kadang2, dengan gue on-air gue bisa ngilangin rasa bete gue. karena ga mungkin jg kan gue bete on-air. coz when we go on-air we have to set our minds to be happy person. plus dengan denger2in lagu kesukaan gue, it makes me feel a lot better.
  • being on-air is part of my life now not only a hobby
  • ada fans..hahaha!!
  • networking to work.. basically meeting new people. coz networking is VERY important.

dukanya:
  • kalo dapet jadwal siaran pas lagi libur. everyone is on the holiday, tp lo harus kerja..hahaha 
  • kalo lagu2 di playlist lo banyak yg lo ga suka, tp mau ga mau lo harus mainin. :D

TIPS JADI PENYIAR YANG KOMUNIKATIF BIAR GA SEKEDAR CUMA PINTER NGEMENG
TIPS ALA POPO
Supaya komunikatif: anggap aja bahwa di depan loe adalah audiences yg amat sangat butuh ditemani dalam aktivitas apapun; selain itu just combine IQ, SQ, dan EQ dalam menyampaikan segala materi siaran..

TIPS ALA TOGI 
  • be yourself / be who you are 
  • be humble
  • take chance in life, coz you'll never know u can learn something from it.. 
  • be friendly with others, eventhough you don't know them, ex: satpam, OB, strangers and etc..
  • down to earth
  • learn to respect others, ex: orang yg lebih tua dari kita, kakak, orang tua, etc..
  • ALWAYS think POSITIVE (eventough gue masih belajar..hehehe)
  • be helpful to others 
  • do your BEST in everything you do

Nah guys, pekerjaan apapun pasti ada suka dan dukanya, termasuk jadi radio announcer.. Dukanya harus kita siasati dengan tips dan trik agar bisa menjadi suka, dengan rasa suka terhadap pekerjaan maka betapa sibuiknya diri kita dan berapapun income yang diterima pasti bisa menjadi passion dalam hidup.. Sekarang pilihan ada di tangan lo, mau jadiin penyiar sbg primary job atau sbg job sampingan aja, intinya kalo mau jadi penyiar kita harus total dan ga sekedar modal pinter ngemeng..

0 Comment:

Post a Comment

Contact

Contact me:

Facebook: Dedy Arfiansyah

Linkedin: Dedy Arfiansyah

Youtube: @darfians

Twitter: @DArfians

Line: @darfians

Instagram: @darfians

Email: ianomics@gmail.com

Email: dear51@alumni.ui.ac.id

Carousell: https://carousell.com/darfians

Address:

Jl. Setiabudi II Jakarta Selatan

Work Time:

Monday - Friday, from 10am to 6pm

Phone:

+62 813 177 60 888

My Fav Song (2019, January)
Christina Aguilera - Fighter