Thursday, September 09, 2010

Bagaimana Menjadi Komunikator Yang Baik Melalui Suara, Bicara dan Cara Berpenampilan

Materi ini dibuat Oleh Ibu Mien Uno. Materi disampaikan tepat 3 tahun lalu (9 September 2007) pada karantina Abnonku DKI Jakarta 2007 di hotel Grand Cempaka Jakarta Barat.

Salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan seseorang adalah kemampuan kita untuk berkomunikasi secara efektif. Oleh sebab itu untuk meningkatkan kemampuan kita bukan hanya lewat teori ilmu pengetahuan tapi dasar pelatihan dalam situasi kehidupan sehari-hari.

 SURVEY UCLA
» Verbal, Isi pembicaraan 7%
» Vokal, Apa yang didengar 38%
» Visual, Apa yang dilihat 55%

Inilah yang dibutuhkan : 

  • Pengetahuan dan teori dalam berkomunikasi secara efektif 
  • Kepercayaan diri
  • Penampilan
  • Bahasa tubuh
  • Disiplin
  • Kemampuan berbicara “Talking Image”

Komunikasi dianggap efektif jika komunikator dan komunikan mampu saling memahami satu sama lain. Berbicara efektif harus jelas, hemat kata, mudah dimengerti, enak didengar dan dibumbui dengan sedikit humor.

Apa yang ingin kita capai? 
  • Kemampuan berkomunikasi efektif 
  • Kemampuan untuk mempertahankan hubungan internal dan eksternal
  • Sikap positif dan tepat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari
  • Meningkatkan antusiasme
  • Mengetahui kelebihan dan kekurangan kita dengan mengguakan sebaik-baiknya untuk keuntungan kita
  • Kesiapan untuk bekerja dalam tim
  • Kemampuan untuk secara efektif mengatasi masalah
  • Kemampuan untuk membuat tujuan dan menetapkan target

TALKING IMAGE

Pernahkah kita berpikir bagaimana bintang tenar Hollywood tetap berada di puncak ketenarannya? Itu karena mereka selalu mencari cara baru untuk menjadi yang terbaik dari apa yang mereka miliki, termasuk di sini kemampuan untuk mengasah olah vokal mereka. Cara kita berbicara harus sama penting dengan cara berpenampilan. Lewat “suara” kita dapat menjadi seorang pemenang.

“GALEN” ahli filasafat dari Yunani mengatakan “The voice is the mirror of the soul” atau “Suara kita adalah cerminan jiwa kita”. Suara adalah barometer perasaan kita.

Kita bisa mengatakan “I Love You” dengan cara yang berbeda-beda. Tapi jika kita salah mengucapkannya atau mengatakannya, lebih baik tidak usah bicara sama sekali.

Studi di Universitas Stanford menunjukkan para mahasiswa lulusan universitas tersebut yang dulu kemampuan komunikasi oralnya tinggi di kampus mendapat pendapatan yang lebih baik, sementara lulusan yang memiliki komunikasi oral rendah kecil mendapat peluang kerja.

Apa langkah pertama mengembangkan kemampuan komunikasi yang efektif “lihat dan dengan diri kita sendiri. Caranya? Gunakan video, tape recorder atau cukup sebuah cermin.

Kebiasaan buruk saat Berbicara
Suara kita dapat membuat kita menjadi seorang pemenang. Suara kita dapat berdampak kepada pendengar baik secara profesional maupun sosial.

Beberapa contoh kebiasaan buruk saat berbicara : 
  • Menyela orang lain berbicara 
  • Mengumpat 
  • Bergumam 
  • Berbicara terlalu halus 
  • Berbicara terlalu keras 
  • Monoton 
  • Memakai kata sisipan “ehm” atau “ah” 
  • Suara Nasal 
  • Berbicara terlalu cepat 
  • Berbicara terlalu pelan 
  • Dialek 
  • Minim kosa kata

Apakah kita memiliki cara berbicara kurang baik? Jika ya, ubahlah cara kita berbicara. Dengan cara meningkatkan diri kita lewat suara dan cara berbicara, kira dapat meningkatkan hubungan baik dengan kolega bisnis, teman dan kekasih.

SENANGI DIRI KITA SENDIRI
Kadang kita terlalu kejam dengan diri sendiri. Kita sering berulangkali mengatakan kepada diri sendiri kita kurang bagus atau kurang mampu. Kita katakan betapa bodohnya diri kita, dll.

Stop negative talk! Berhenti berbicara negatif. Kenali diri kita sendiri dan tingkatkan penampilan kita.

Penampilan adalah kunci untuk mengkomunikasikan imej kita.
  • Jangan takut untuk berbicara 
  • Atasi rasa gugup 
  • Berdiri tegak 
  • Jangan bungkuk 
  • Tingkatkan pakaian dan tata rambut kita 
  • Perhatikan gerakan tangan jika sedang berbicara 
  • Jangkau orang lain dan sentuh hati mereka 
  • Beri penghargaan 
  • Ucapkan “Terimakasih” 
  • Jadilah pendengar yang baik

Pada akhirnya yang paling penting dari semua ini adalah “JADILAH DIRI KITA SENDIRI”

0 Comment:

Post a Comment

Contact

Contact me:

Facebook: Dedy Arfiansyah

Linkedin: Dedy Arfiansyah

Youtube: @darfians

Twitter: @DArfians

Line: @darfians

Instagram: @darfians

Email: ianomics@gmail.com

Email: dear51@alumni.ui.ac.id

Carousell: https://carousell.com/darfians

Address:

Jl. Setiabudi II Jakarta Selatan

Work Time:

Monday - Friday, from 10am to 6pm

Phone:

+62 813 177 60 888

My Fav Song (2019, January)
Christina Aguilera - Fighter