Tuesday, November 09, 2010

Hell to the O, Hello… Obama!

Hari ini, Selasa 9 Nov 2010 dan Rabu 10 Nov 2010 presiden Amerika Serikat akan melakukan kunjungan ke Indonesia. Seperti yang telah ramai diberitakan media cetak dan elektronik, tempat yang akan dikunjungi oleh Obama adalah istana negara, hotel Shangrilla, halaman balairung UI, dan Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional di Kalibata. Tentu saja dari semua tempat yang akan dikunjungi dan rute yang akan dilewati sang “presiden dunia” tersebut akan ada pengamanan extra ketat.

Kedatangan presiden AS ke Indonesia menuai pro dan kontra, tidak semua penduduk di Indonesia setuju dengan kedatangan Obama, diperkirakan akan ada aksi unjuk rasa sebelum dan ketika kedatangannya. Tentu saja aksi ini akan menjadi wajar jika berjalan damai dan tanpa aksi destruktif.

Berikut ini akan saya paparkan 5 pertanyaan dan 5 pernyataan (dalam bentuk tanya jawab) dari beberapa kontroversi mengenai kedatangan Obama ke Indonesia. Q adalah tokoh kontra akan kedatangan Obama, A adalah si bijak yang netral, tidak pro dan tidak kontra terhadap Obama.

Q : “Ngapain Obama dateng ke sini, kan di Yogya gunung lagi meletus, lagi gempa dan tsunami di Mentawai, di Wasior lagi banjir. Apa untungnya buat kita?”
A : “Hell to the O, Hello!! Gini deh, bencana kan “aturan Tuhan” walaupun manusia udah bisa mendeteksi kapan bencana dateng, tp kan waktu persis datangnya bencana cuma Tuhan yang tentuin.
Terus Obama milih dateng tanggal segitu ke Indonesia emang udah schedule dia dalam rangka tur nya ke Asia. Kedatanganya Mr. O sama aja dia nengokin kita yang lagi kena bencana juga kan, kenapa? Pasti SBY akan cerita tentang bencana dan dia bisa denger langsung dari SBY ga cuma dari berita aja.”

Q : “Dari pada nyiapin sambutan kedatangan yang WAH, mending anggaran duitnya buat korban bencana aja!”
A : “Hell to the O, Hello!! Anggaran itu udah ada pos nya masing-masing, ga semua dialokasikan untuk bencana. Lagi pula kan kedatangan dia cuma 2 hari dan akan membawa sedikit banyak benefit untuk kita juga.
Ilustrasinya gini : umpamain bencana sebagai orang sakit kanker stadium akhir, dan Obama sebagai tamu yang menjenguk. Nah, jika yang kena kanker stadium akhir saudara kita, ga mungkin kan semua uang kita pake untuk ngobatin dia. Inget kehidupan masih harus terus berlangsung, ada uang yang di alokasikan untuk hal-hal lainnya termasuk “mentraktir” makan tamu yang menjenguk saudara kita yang kena kanker tersebut (tamu yang ditraktir dalam hal ini adalah Obama).”

Q : “Ngapain dia ke sini, harusnya dia datang langsung ke daerah-daerah bencana!”
A : “Hell to the O, Hello!! SBY dateng ke daerah bencana aja agak-agak gimana gitu, apalagi Obama. Selain ga memungkinkan dari pihak Amerika itu sendiri (standar keamanan, keselamatan, dll), pastinya di Merapi juga akan terjadi kehebohan yang akan menggangu pengungsi di sana. Dari pada mengunjungi daerah bencana, lebih baik kita menyarankan Obama untuk memberikan dana bantuan atau meminta untuk penggalan dana dari internasional agar bisa lebih banyak lagi.

Q : “Kampus macam apa ini (red:UI)? Rela ngorbanin kepentingan orang banyak hanya demi kedatangan satu orang saja?”
A : “Hell to the O, Hello!! Liat dulu dong orangnya siapa, lagi pula inget kita harus menghormati tamu, tamu itu berkah yang membuka pintu rezeki lho. Mungkin kuliah diliburkan supaya proses pengamanan bisa menjadi lebih terkendali. Lagi pula jika perkuliahan tidak diliburkan, saya yakin beberapa aktivis kampus juga akan meliburkan diri dengan sendirinya, libur kan asyik ya ^_^. Jarang-jarang lho event ini bisa terjadi, kejadian langka.

Q : “Obama itu kapitalis, terus dia juga belum bisa berperan aktif di negara dunia Islam yang sedang bertikai, oleh karena itu mari kita lakukan aksi untuk menolak kedatangannya!”
A : “Hell to the O, Hello!! Jangan malu-maluin Indonesia dong. Walaupun gue bukan penggemar Obama, tp gue juga ga anti sama dia. Aksi boleh asal damai terkendali, kalaupun ada aksi yang provokatif pasti itu datang dari segelintir orang yang ga mau Indonesia selangkah lebih maju.
Buat para provokator yang (mengaku) cinta Indonesia, kalian harus ingat ini! Ketika kita sedikit konflik dengan Malaysia beberapa waktu lalu, bagaimana reaksi kalian dalam “membela” Indonesia? dahsyat bukan?! Ingat, Obama tidak datang ke Malaysia dan beberapa negara lainnya lho, Indonesia menjadi salah satu negara yang dipilih.
Coba yang tahu persis negara-negara mana saja yang dikunjungi Obama kali ini, bantu saya untuk menyebutkan di kolom komentar! Thanks.

1 comment:

  1. Suka banget sama postingan kaka kali ini. Tamu (siapa pun itu) harus kita hormati. Islam atau di agama mana pun tidak pernah mengajarkan kekerasan dalam menyambut tamunya ^_^.
    Kalau ga salah sebelum dia ke Indonesia, dia sebelumnya dari Mesir, sekarang dia langsung terbang menuju Seoul Korea Selatan.

    ReplyDelete

Contact

Contact me:

Facebook: Dedy Arfiansyah

Linkedin: Dedy Arfiansyah

Youtube: @darfians

Twitter: @DArfians

Line: @darfians

Instagram: @darfians

Email: ianomics@gmail.com

Email: dear51@alumni.ui.ac.id

Carousell: https://carousell.com/darfians

Address:

Jl. Setiabudi II Jakarta Selatan

Work Time:

Monday - Friday, from 10am to 6pm

Phone:

+62 813 177 60 888

My Fav Song (2019, January)
Christina Aguilera - Fighter