Tuesday, May 31, 2011

Peningkatan Daya Saing Bimbingan Belajar (Aplikasi Bersaing Secara Sehat)

Bimbingan belajar (bimbel) termasuk kedalam produk jasa yang elastis, dimana bimbel bukan merupakan kebutuhan pokok sehingga agak sensitif terhadap harga. Jika harga yang dipasang rendah, customer secara otomatis akan bergabung dalam jumlah signifikan, sedangkan jika harganya mahal orang bisa saja menunda menjadi bagian dari bimbel tersebut dan atau mencari bimbel alternatif sebagai substitusi.

Dalam upaya meningkatkan keunggulan daya saing bimbel (dengan asumsi proxy daya saing adalah pangsa pasar), ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah 4 strategi yang bisa digunakan dengan menggunakan unit analisis demand dan supply sederhana :



Pertama,
Menggeser kurva permintaan ke kanan dengan kurva penawaran tetap

Pada grafik diatas ditunjukkan oleh bergesernya (shifting) kurva permintaan dari D0 ke D1 dan keseimbangan berubah menjadi (P1; Q1) pada kurva penawaran S0. Dengan demikian terjadi peningkatan volume customer sebesar Q0Q1 pada harga yang lebih tinggi dari P0. Strategi yang bisa ditempuh antara lain :  
  • Mencari dan membuka pasar baru yang non tradisional 
  • Pendekatan terhadap customer potensial 
  • Meningkatkan kemampuan bersaing dalam harga baik dengan bimbel sejenis maupun dengan bimbel pesaing lainnya

Kedua,

Mengubah kemiringan kurva permintaan menjadi lebih elastis dengan kurva penawaran tetap

Pada grafik diatas ditunjukkan oleh berubahnya kurva permintaan menjadi D2 dan pada kurva penawaran yang tetap keseimbangan terjadi pada (P2; Q2) sehingga terjadi peningkatan volume customer sebesar Q0 Q2 dengan harga lebih tinggi dari P0. Strategi yang bisa ditempuh antara lain :
  • Peningkatan mutu 
  • Strategi promosi

Ketiga,
Menggeser kurva permintaan ke kanan dengan kurva penawaran ke kanan

Usaha tersebut pada grafik ditunjukkan oleh bergesernya kurva permintaan dan penawaran menjadi D1 dan S1 dan keseimbangan berada pada (P3; Q3) pada harga lebih tinggi dari P0, dengan peningkatan volume customer sebesar Q0 Q3. Strategi yang dapat ditempuh antara lain : 
  • Penggunaan teknologi informasi untuk peningkatan produktivitas 
  • Efisiensi biaya operasional
  • Efisiensi marketing dan manajemen pengajar

Keempat,

Menggeser kurva permintaan ke kanan dan sekaligus merubah kemiringan kurva permintaan menjadi lebih elastis dan juga diikuti oleh peningkatan penawaran dengan cara menggeser kurva penawaran ke kanan

Dalam grafik tersebut ditunjukkan melalui harga yang lebih tinggi dari P0 dan terjadi peningkatan volume ekspor sebesar Q0Q4. Berdasarkan empat cara tersebut, maka dapat diketahui bahwa cara keempat akan menghasilkan cara yang efektif untuk meningkatkan daya saing lembaga bimbingan belajar.

Aplikasi Bersaing Secara Sehat

Persaingan secara sehat dalam konteks ini setali tiga uang dengan globalisasi, siapa yang kuat maka dia yang menang. Akan tetapi bukan berprinsip kepada persaingan bebas yang mengarah kepada persaingan tidak sehat.

Apabila di sebuah institusi (ceruk pasar) sudah terdapat sebuah bimbel maka sangat tidak lazim untuk LBB lainnya masuk ke dalam market tersebut (apalagi mengarah kepada promosi terselubung apapun bentuknya) untuk menjadi benalu. Hal ini menjadi persoalan lain, jika LBB tersebut bersaing di awal tahun ajaran baru dalam mengajukan proposal terhadap suatu institusi, perbedaan inilah yang mendasari persaingan sehat dan tidak sehat.

Berbicara masalah kualitas, tidak selalu LBB yang mahal yang mutunya lebih terjamin. Apabila hal ini ada, kemungkinannya telah terjadi informasi yang tidak sempurna (asymmetric information) antara “penjual dan pembeli” dalam sebuah pasar. Oleh karena itu, sebelum memutuskan bergabung dengan suatu bimbel sebaiknya Anda melakukan riset atau survey kecil untuk melakukan komparasi harga.

Bimbel merupakan private goods (excludable dan rivalry), sehingga diperlukan formulasi agar pengadaannya tidak melulu hanya bisa diakses oleh kaum pemilik modal saja. Jika memang memiliki visi dan misi sejalan dengan peningkatan kualitas pendidikan Indonesia, selain mengejar keuntungan marilah kita bersama (sebagai pemerhati pendidikan) memikirkan strategi agar LBB tidak menjadi ajang komersialisasi dan persaingan tidak sehat. Jaya-jayalah pendidikan di Indonesia.

0 Comment:

Post a Comment

Contact

Contact me:

Facebook: Dedy Arfiansyah

Linkedin: Dedy Arfiansyah

Youtube: @darfians

Twitter: @DArfians

Line: @darfians

Instagram: @darfians

Email: ianomics@gmail.com

Email: dear51@alumni.ui.ac.id

Carousell: https://carousell.com/darfians

Address:

Jl. Setiabudi II Jakarta Selatan

Work Time:

Monday - Friday, from 10am to 6pm

Phone:

+62 813 177 60 888

My Fav Song (2018, October)
Britney Spears - I Wanna Go