Wednesday, July 06, 2011

99 Superhero


Alhamdulillah, atas berkat dan rahmat Allah SWT, saya telah menyelesaikan skripsi yang berjudul “Optimalisasi Industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) Sebagai Andalan Dalam Kebijakan Pembangunan Industri Nasional”. Saya menyadari bahwa, tanpa bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak, dari masa perkuliahan sampai pada penyusunan skripsi ini, sangatlah sulit bagi saya untuk menyelesaikan skripsi ini. Dengan segenap kerendahan hati, pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan penghargaan dan rasa terima kasih yang mendalam kepada :

1. Allah SWT
Atas berkat rahmat dan ridhoNya, akhirnya (kelulusan yang tertunda) bisa berhasil dengan sangat baik, terimakasih ya Allah.

2. My Mom
Thanks ma, udah memberikan semuanya yang terbaik untuk ian :D

3. My Dad
Thanks pa, untuk semua yang telah diberikan selama ini :D

4. My Family
Adik, sepupu, saudara, dll deh. Makasi bgt udah bantuin ngetik-ngetik dan mindahin data.

5. Prof. Dr. Ine Minara S. Ruky
Ini dia pembimbing skripsi gw. Dari awal ketemu (mata kuliah Ekonomi Industri Lanjutan), gw udah suka banget sm karakteristik dosen ini, makanya gw berusaha supaya dapat bimbingan sama beliau. Terimakasih banyak Bu telah menyediakan waktu, tenaga, dan pikiran untuk mengarahkan saya dalam penyusunan skripsi ini. Maaf ya kalau saya keseringan sms dan kirim email ke Ibu, soalnya saya banyak bingung Bu, hehe.

6. Dr. Andi Fahmi Lubis
Ketua sidang skripsi. Hmm, thanks pak untuk semua masukan yang diberikan agar skripsi sy bs lebih baik lagi, terus makasi jg pak atas kontribusinya di kuesioner sy. Btw, pak Andi salah satu dosen favorit juga lho di FE, waktu jaman gw regol dulu pasti Pak Andi kelasnya selalu penuh duluan. Mau tau kenapa? Itu karena gaya ngajarnya asik, simple, dan gak pake dibikin ribet (trust me!!).

7. Rusan Nasrudin, MIDEc
Dosen penguji skripsi. Makasi juga pak atas masukan nya (terutama yang terkait ekonometri). Sayangnya gw belum pernah dapet Pak Rus’an selama kuliah, jd ga bs deksripsiin banyak, anw thanks ya Pak. (btw, sampe skrng sy belum tau lho gelar MIDEc singkatannya apa dan lulusan FE spesialisasi apa, hehe).

8. Prof. Lepi. T. Tarmidi. Ph.D
Thanks Pak, atas kontribusinya ngisi kuesioner inovasi yang saya buat. Makasi juga udah nunjukkin saya situs-situs atau sumber data yang valid terkait ekspor impor dan paten.

9. Tjahjanto Budisatrio, M.Ec
Pak Ibus, maaf ya kalau sy bbrp kali dalam satu hari intensif sms in Bapak. Terimakasih Pak atas bantuan proses perhitungan rumus-rumus sulit terutama terkait model optimalisasi. Thanks juga pak udah isi kuesioner inovasi yang saya buat.

10. Dewi Ratna Sjari Manaf, M.Si
Satu-satunya dosen yang memberikan gw banyak masukan di SPM, terus bu Dewi juga udah bantuin isi kuesioner inovasi dan ngarahin pake metode statistik non parametrik yang tepat, makasi ya Bu.

11. Arianto Arif Patunru, Ph.D
Dosen pembimbing akademik, terimakasih pak telah mengarahkan kuliah dan konsultasi jika ada masalah akademik. Makasi juga atas kontribusinya dalam mengisi kuesioner (Pak Acho jd dosen yang pertama kali reply kuesioner gw lho).

12. Prof. Miranda S. Goeltom, Ph.D
Terimakasih Bu Miranda. Pertama, video recording untuk SMA 3; Kedua, untuk kontribusi pengisian kuesioner sy. Maaf ya bu sy tungguin terus di depan kelas PE2 Ibu, terus pas Ibu selesai ngasih kuliah, langsung sy tanya2

13. Faisal Basri Batubara,M.A.
Salah satu dosen favorite gw (yang alumni SMA 3 Jkt jg), sebelum mulai isi kuesioner kita sempet ngobrol-ngobrol dikit ttg SMA 3. Makasi ya pak udah bantuin isi kuesioner sy.

14. Prof. Suahasil Nazara, Ph.D
Makasi pak atas kontribusi pengisian kuesionernya, terutama sambil ngasih sy masukan terkait isi kuesioner, misal kata faktor diganti variabel, terus udah memperbaiki kalimat saya yang ambigu di paragraf pertama.

Beberapa dosen lainnya yang telah banyak sekali memberikan banyak masukan dalam kuesioner inovasi industri TPT di Indonesia, antara lain:

15. Arindra Artasya Zainal,Ph.D
16. Puput Kurniati, MIDEc
17. T.M. Zakir Machmud, Ph.D
18. Ayudha D. Prayoga, M.A
19. Uswatun Hasanah, M.S.E. Terima kasih bu untuk insight ekonometrika (data panel dan output EViews) di detik-detik terakhir revisi.
20. Dr. Aris Yunanto
21. Dr. Beta Yulianita Gitaharie
22. Diah Widyawati, Ph.D.
23. Nanda Nurridzki, M.E
24. Lydia Napitupulu, M.Sc
25. Dr. Telisa Aulia Falianty

26. Dr. Widyono Soetjipto
Berkat pak Widyono (mata kuliah Model Ekonomi) yang ngasih materi kuliah berupa tesisnya Bu Ratu Fifi Sophia, gw jadi terisnpirasi buat angkat topik optimalisasi, makasi Pak, sangat berguna kuliahnya.

27. Ratu Fifi Sophia, M.E.
Terimakasih Bu Ratu, tesis anda sangat menjadi inspirasi saya untuk menggunakan LGP dalam optimalisasi industri TPT di Indonesia.

28. Departemen Perindustrian RI
Seluruh pihak Departemen Perindustrian RI, yang telah banyak memberikan bantuan berupa data-data penelitian yang saya perlukan (model optimalisasi).

29. Badan Pusat Statistik (BPS)
Terimakasih kepada BPS terutama Ibu Ida Fariana, dkk yang telah mengarahkan dan memberikan data model produktivitas yang saya perlukan dari tahun 1975 – 2008.

30. Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API)
Thanks untuk pihak API terutama Pak Syaiful Bahri yang telah memberikan beberapa data yang saya perlukan.

31. Dina Indarti, M.Si.
Lulusan S2 MIPA UI & dosen di Universitas Gunadarma. Kak, saya sangat berterima kasih atas bantuan nya ngajarin sy ngolah data dengan LINDO 6.1 (model optimalisasi) dan SPSS (model inovasi). Kalau boleh lebay dikit, kakak merupakan salah satu malaikat yang dikirim sm Allah di hari-hari terakhir saya menjelang sidang.

32. Habibah Wardah, S.Si
Juru kunci yang mempertemukan saya dengan kak Nola. Awalnya, ketika sedang kumpul2 di TTC sy berkeluh kesah tentang model optimalisasi, kemudian nanya ke Kak Habibah tentang orang yang jago matek dan bisa ngolah data pake LINDO, dikenalin lah sama Kak Nola.

33. Nola Marina, M.Si
Mungkin kak Nola lagi ada kesibukan atau pekerjaan lain sehingga ia tidak menyanggupi membantu saya ngerjain optimalisasi pake LGP, hal ini membuat saya hopeless berhari-hari, karena orang yang bisa LINDO sangat jarang. Sampai suatu hari sy coba sms lagi (dengan sedikit curhat) dan dikenalkanlah sy dengan seseorang yang bernama kak Dina Indarti :D

34. Resti Maheralia, S.E.
Resti alias Bebe, makasi banyak ya Be udah jadi teman yang baik selama perkuliahan. Makasi juga udah banyak banget ngajarin gw ngolah data pake EVIEWS 6 (model produktivitas), lo udah banyak banget bantuin gw Res, smg kita bisa sama-sama sukses kelak, amin.

35. Britany Alasen Sembiring, S.E.
Kontribusi si Brit sebenernya banyak banget dari pertama kali ketemu di labkom sampe sekarang (kalo disebutin satu-satu paragraph si Brit yang paling panjang). Makasi banyak Brit untuk semuanya, tetep berjuang dan keep contact ya. Terkait skripsi, makasi bgt atas pertemuan nya di DETOS ngebahas model produktivitas (inventory investment).

36. Hayatun Nisa, S.E.
Teman IE 2005, teman seperjuangan skripsi juga, hehe. Nisa bantuan dari lo sangat berharga buat gw, mulai dari teknis skripsi, teknis sidang, tips trik seputar skripsi dan sidang, dll deh. Makasi udah bantuin ngolah slide sidang sehingga jd ciamik, thanks ya untuk semua proses dari awal sampe akhir.

37. Alfariany Milati Fatimah, S.E.
Fa, gw masih inget banget pas kita ke SMA 3 dan ke PLANGI buat bahas skripsi gw. Waktu itu (abis Shalat Jum’at di Mesjid 3) gw batalin private Niqa, Dinda, Avia hanya karena demi skripsi gw ya, hehe. Thanks udah ngasih beberapa ide, terutama lo yg jadiin skripsi gw dari 7 bab jadi 6 bab, terus masukan model inovasi dijadiin kualitatif, dan konsultasi model-model lainnya. Makasi juga udah berbagi kisah-kisah kehidupan seputar pribadi, kerjaan, dan IE.

38. Deslina, S.E
Hola temen seperjuangan, topik skripsi nih anak unik banget yang jarang dibahas orang (rincinya tanya Deslina aja langsung). Anw, makasi Lin udah sharing terkait skripsi dan sidang. Terutama pas lagi di ruang skripsi yang kita bukain skripsi orang satu-satu, makan di AHA, dll deh.

39. Ade Daniati Rudolf
IE 2005, salah satu temen akrab gw selama kuliah, tp sayangnya 6 bulan belakangan dia lose contact sm gw. Bagusnya pas gw update status di penvil nyari dasi, eh doi ngelike dan pas gw nulis wall direply. Ade yg pakein dasi pas gw sidang (kalo pake sendiri takut ga rapi), terus dia yang fotoin gw sama bu Ine ketika selesai sidang skripsi, thanks ya De. Ayo tetep semangat, gw siap bantuin lo.

40. Amalia Rosadi, M.E.
Senior IE 04, yg ngelanjutin S2 MPKP. Kak makasi banget ya udah ngasih link email dosen-dosen yang asik untuk dimintai tolong isi kuesioner. Thanks juga udah pernah bantuin ngolah data mata kuliah Seminar Ekonomi Industri (judul Industri Sepatu Olahraga), dari situ sy balajar banyak kak.

41. Faisal Ahmadi
Makasi banget kak atas jasa-jasanya bantuin kelarin skripsi saya, terutama udah nganterin ke Departemen Keuangan RI dan ke BPS (tapi udah keburu tutup), terus udah nganterin dan bantuin catetin data perusahaan TPT yang udah Tbk di BEJ, nganterin ke FEUI dan nemenin pas mau SPM pertama sampe maghrib, terus di menit-menit terkahir ngumpulin skripsi benerin printer TTC yang suka ngadat-ngadat. Big thanks.

42. Imron Irpani, S.Si
Kak, thanks ya atas pengertian dan bantuannya selama ini. Maaf kalo saat-saat pengerjaan skripsi saya kurang fokus ngajarnya. Makasi juga udah bantuin analisis itungan trend dari 2005 – 2030. Terus yang paling penting thx bgt udah membuka “pintu dana” dengan cara memberikan job mengajar demi kelancaran skripsi dan kebutuhan lainnya.

43. Indra Akbar Alhamdi, M.Sc
Makasi kak Indra udah ngajarin trend eksponensial (baik secara teori, itungan, dan pengerjaan via excel), sangat membantu.

44. Fitri Kumala Arum, S.Si
Kakak!!! Makasi ya kak udah nagihin uang privat dan udah beberapa kali ‘mensubsidi’ saya duluan. Semua demi kelancaran skripsi saya yang modalya ga bs dibilang sedikit kak, hehe.

45. Jerfarizky DSK
Fa, sorry ya kalo selama pengerjaan skripsi gw, kadang suka ganti jadwal dan atau udah nyampe SMA 3 tp ga bisa ngajar karena harus ke kampus. Makasi juga udah jawab pertanyaan kalo gw nanya-nanya istilah-istilah dalam skripsi gw. Sukses bro skripsi dan magangnya.

46. Wulan Indriani, S.E.
Lance!! Makasi udah duet selama tahun ajaran 2010/2011, thanks untuk diskusi-diskusinya seputar ekonomi (baik ngajar ataupun issue terkini). Oh iya, makasi juga waktu itu udah gantiin ngajar beberapa kali dan bantuin wawancara EC, hehe.

47. Aisyah, S.Si
Ais, hmm….. none-ku 2007 mungkin ga terlalu banyak berperan untuk teknik skripsi (apalagi doi udah hengkang dari TTC) pas gw mulai ngerjain skripsi. Tp peran dia yg lain sbg pengingat kelulusan gw, dan masalah-malasah terkini lainnya seputar pribadi, kehidupan, dan abnonku cukup krusial. Makasi ya Ais.

48. Nur laela, S.E.
IE 2003, kontribusi kak Ela ketika sy ngerjain skripsi adalah membantu sy diskusi beberapa pertanyaan seputar soal-soal SNM PTN, SIMAK UI, dan Soal Olimpiade. Walau ga secara teknis bantuin skripsi, tp peran nya dalam memperlancar proses KBM gw sangat membantu

49. Dini Octoria, M.Pd.
Sama dengan kak Ela, Kak Dini banyak bantuin sy diskusi juga seputar soal-soal ngajar, terutama yang terkait dengan Akuntansi.

Terus, dua orang staff IE yang selalu mengingatkan gw agar segera menyelesaikan skripsi dengan cara beberapa kali (terus) menelepon ke hp gw (walaupun ketika itu sedang ngajar) adalah:

50. Mba Nanin
51. Mba Ila

Kalau ga ada 2 orang tersebut, mungkin gw dah Drop Out (DO) kali, makasi ya mba udah mau peduli dan berperan penting membangkitkan semangat sy untuk ngerjain skripsi (lagi) kala itu. Selain dua orang tersebut, ada yang terus memberikan dorongan dari belakang (dengan caranya sendiri) untuk segera menyelesaikan segera skripsi sy, mereka adalah

52. Siti Rochani, S.Pd (guru Ekonomi SMA 3 Jakarta)
53. Endro Sariono, M.M (guru Ekonomi SMA 3 Jakarta)
54. Silvia Ratna Juwita

Semangat, kerja keras harus disertai dengan dana yang cukup, terimakasih atas bantuan intensif dengan memberikan beberapa proyek mengajar terutama untuk :

55. Om A. Hamid Yusuf, M.M
Terimakasih om untuk intensif “yang selalu kelebihan” yang telah diberikan. Semoga kebaikan Om dibalas oleh Allah SWT, amin.

56. Tante Indahadianingsih
Makasi tante, untuk semua nasihat hidup nya. Terimakasih juga untuk kado yang diberikan kepada saya dan mama saya sebagai hadiah kelulusan pada pertemuan terakhir hr Sabtu (2/7).

57. Dyah Yuliastuti P, SP
Terimakasih Bu, atas proyek olimpiade SMA Nurul Fikrinya :D

58. Christiawan Saputro, S.Si.
Makasi kak untuk proyek anak-anak privatan, kalau ada lagi silahkan sms sy aja kak :D

Proses pengerjaan skripsi menimbulkan banyak kepenatan, kejenuhan dan depresi, sehingga selain hiburan resmi, gw menganggap anak private dan EC sebagai “bentuk hiburan” lainnya. Terimakasih untuk semua murid-murid gw di SMA Negeri 3 Jakarta (tanpa terkecuali), khususnya murid private dan Economy Club. Kalian telah banyak memberikan semangat, motivasi, dan keceriaan dalam proses skripsi gw.

Dibandingkan tahun lalu, jumlah murid private gw emang menurun drastis 75%. Hal ini sengaja gw lakuin karena untuk menjaga kefokusan dalam ngerjain skripsi. Solusinya gw mengaktifkan kembali EC dalam sebuah group sehingga penurunannya jumlah murid private dibanding tahun lalu hanya menjadi 60%. Tapi walaupun dikit tiap murid gw punya karakteristik individu yang unik dan sangat menarik kok. Siapa aja mereka? Check it out :

59. Abi Zulfahmi (PPKB FE UI – Manajemen)
60. Ratu Madya (PPKB FIB UI – Sastra Rusia)
61. Gerry Razi (FH UI – Ilmu Hukum)
62. M. Maudy Alvi Bramantya (FE UNAIR – Manajemen)
63. Fertian Iswara (FH UGM – Ilmu Hukum)
64. Nuraini Putri (FIB UNDIP – Ilmu Sejarah)
65. M. Sena Birutama Taher (FH UNPAD – Ilmu Hukum)
66. Dhayfan Hilmi (Prasetya Mulya Business School – Manajemen)
67. Niqa Haifa
68. Radian Gita Yudhistira (Universitas Bakrie – Akuntansi)
69. Abdul Aziz
70. Abi Ibrahim
71. Adityatama
72. Annisa Ardiani
73. Dinda Aisha
74. Elisabeth Magdalena
75. Enest Nathalie Wanda
76. Eva Lathifah Tyas Utami (FPsi UI - Ilmu Psikologi)
77. Flarenzia Nilam Permata
78. Henry Theodore
79. Julda Farabi
80. Kay Jessica
81. M. Arief Setyadi
82. Nanda Satria
83. Nathania Raisha
84. RR. Putri Asoka
85. Rizky Tri Surdianto
86. Rosary Amalia
87. Sere Kalina Florencia
88. Timothy Dwiradinka Suria
89. Yolanda Hardani

Yang belum dapet Perguruan Tinggi Tujuan tetep semangat ya, terus berdoa agar tanggal 24 Juli ada berita baik. Andai belum bisa diterima percaya lah ada jalan terbaik dibalik ketentuan Allah SWT. Kemudian 4 orang murid Olimpiade Ekonomi SMA Nurul Fikri Tahun 2011:

90.Abidah Syauqina (Kelas XII Th. Ajaran 2011/2012)
91.Innanti Satriani (Kelas XII Th. Ajaran 2011/2012)
92.Safira Puspaning Ayu (Kelas XII Th. Ajaran 2011/2012)
93.Shofa Tazkia (Kelas XI Th. Ajaran 2011/2012)

Selama proses pengerjaan skripsi sy juga selalu mendengarkan radio dan beberapa lagu, oleh karena itu apresiasi ini juga perlu diberikan kepada:

94. GEN FM
Program-programnya (salah sambung, pecah belah, GEN 48), penyiarnya, dan lagu-lagunya sangat menghibur baik pagi, siang, dan malam (terutama malam hari saat gw begadang).

95. JAK FM
Kalo di GEN FM lagunya ga sesuai sama mood pas lg ngetik skripsi, gw ganti channel ke JAK FM yang lagu-lagunya juga keren.

96. Britney Spears
Albumnya muncul pas proses pengerjaan skripsi gw, sangat menghibur Brit (sok kenal, hehe), terutama yg I Wanna Go, easy listening dan klipnya keren. Lagu ini gw puter pas gw belajar sidang selama 2 jam lebih (tanpa ganti lagu lainnya).

97. Jennifer Lopez
Ga kalah keren sm Britney, Lagu J-Lo yang On the Floor jadi favorite gw selama proses pengerjaan skripsi (mungkin secara ga sadar gw dah play lagu ini 300 kali lebih dari pas pertama download sampe sekarang), penyemangat bgt deh.

98. Tentang Seseorang di sana
Konteks di sana mengacu pada suatu tempat di dunia lho, bukan diakhirat, hehe. Gw terus semangat karena lo, tp sepertinya kita ga bisa bersama karena mungkin belum ditakdirkan, tapi ya sudahlah ya, semoga bahagia aja.

99. kepada semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu per satu yang telah membantu penulisan baik langsung maupun tidak langsung.

8 comments:

  1. Selamat ya, Ian.... akhirnya skripsinya beres juga. Masa2 membuat skripsi itu benar2 masa2 sulit ya....*saya juga sempat merasakan...
    Semoga ilmunya bermanfaat, yg bikin ngkak Jlo disebut2 sama Neng Britney hihihihihi

    Salam,

    Seru Jadi Guru :D

    ReplyDelete
  2. hehe... I Wanna Go & On the Floor bersejarah bgt.

    terimakasih bang Fano,
    iya akhirnya selesai jg, alhamdulillah.
    sukses ya bang kariernya, amin.

    ReplyDelete
  3. Yan terima kasih banyak nama gw udah dicantumin disini. Suatu kehormatan bagi gw. Semoga kita berdua jadi orang sukses kelak. Amin.

    ReplyDelete
  4. ternyata bener kata si deslina kalo lo nulis2 ucapan makasih di blog lo...hueheheheh...congrats ya yan...

    ReplyDelete
  5. Resti || amin be, gw dong yg hrsnya makasi bgt udah dibantuin, oh iya traktiran untuk lo dan cowo lo masih berlaku lho :D

    Nisa || thanks nis, selamat jg ya buat lo, nanti kt foto2 barengan sm yg lainnya. Sorry bgt nih traktiran dan cerita2 sidangnya masih pending, soalnya waktu itu sakit dan skrng udah keburu ngajar.

    Btw si lina, blm jd temen di fb dan twitter kok tau blog gw ya, dahsyat jg si lince tau namanya disebut2, hehe.

    ReplyDelete
  6. Ahahaha iseng-iseng cari nama sendiri di FB (narsis mode on ;p ) eh ad nama saya :D
    WOW...iya nih sya lari2 untuk dasi.. :)

    Ian, mn nih katanya k kampus... d tungguin ga kelihatan :p
    Tetap smangad !!!! ga nyangka isi blog nya penuh jg :)

    ReplyDelete
  7. sama kaya ade, tapi gue di google :P maaf ya baru keliatan sekarang, anw my pleasure to help your thesis :)

    The best thing is you really did a good job pal ;) and also get scholarship for the master degree now! wish you luck for the Thesis on Master program. Don't hesitate to contact me if you need any help, I learn from you too by helping you...so it is a win-win situation hehehe

    ReplyDelete
  8. Ade || Iya dong, gue kan rajin makanya penuh, wkwk. Skrng kayaknya lo ilang lagi nih, apa kabar Bu? reunian yuk :)

    Alfa || Wah thx be4 Fa, pasti gue akan banyak nanya lagi nih. Ada ide ga? pembimbing tesis gue nanti ada 3 orang, 2 orang dari FEUI, 1 orang dari UNHAN. Dari FE kira-kira siapa ya?

    ReplyDelete

Contact

Contact me:

Facebook: Dedy Arfiansyah

Linkedin: Dedy Arfiansyah

Youtube: @darfians

Twitter: @DArfians

Line: @darfians

Instagram: @darfians

Email: ianomics@gmail.com

Email: dear51@alumni.ui.ac.id

Carousell: https://carousell.com/darfians

Address:

Jl. Setiabudi II Jakarta Selatan

Work Time:

Monday - Friday, from 10am to 6pm

Phone:

+62 813 177 60 888

My Fav Song (2018, October)
Britney Spears - I Wanna Go