Sunday, October 23, 2011

Abnon Buku 2011

Seorang duta baca DKI Jakarta, harus memiliki kriteria ABNONKU, yaitu: (A)Attitude; (B)Brain; (N)Network); (O)Open minded; (N)Native tongue; (K)Kind; dan (U)Useful.


Pemilihan Abang None (Abnon) Buku 2011 merupakan event rutin tahunan (tahun ke-4) yang diselenggarakan oleh Badan Perpustakaan dan Arsip (BPAD) DKI Jakarta dan Ikatan Abang None Buku (IkANoBu). Tema yang diusung pada tahun ini adalah “Reading is My New Lifestyle”.

Malam grand final diadakan di Graha Bakti Budaya Taman Ismail Marzuki, Sabtu (22/10) malam. Antusias masyarakat terhadap acara ini sangat tinggi, kapasitas kursi lantai bawah dan balcon terisi penuh (sekitar 811 kursi), bahkan sampai ada yang berdiri karena over kuota. Selain undangan VVIP untuk pejabat pemerintahan DKI Jakarta dan para orang tua, masing-masing Abnon dari 5 wilayah kotamadya DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu membawa supporter yang membuat acara ini menjadi semarak.


Dalam pemilihan duta baca 2011, para undangan dan supporter diwajibkan membawa buku yang layak baca (sebagai HTM), nantinya buku ini akan disumbangkan ke mereka yang membutuhkan. MC dalam event ini dibawakan oleh salah satu alumni Abnonku 2007, Abang Leo (Trax FM). Acara ini dimeriahkan oleh Gradasi, Rini Idol,dan masih banyak lagi yang lainnya.

Abnon Buku yang mengikuti malam final telah diseleksi di tiap wilayah kotamadya dan mengikuti karantina (tingkat DKI Jakarta) selama 5 hari di beberapa tempat di Jakarta dan di Puncak. Syarat utama yang harus dimiliki seorang duta baca yaitu ABNONKU, yaitu (A)Attitude; (B)Brain; (N)Network); (O)Open minded; (N)Native tongue; (K)Kind; dan (U)Useful.
Abnon Buku terpilih mendapatkan predikat sebagai duta baca DKI Jakarta. Ketika pemilihan berlangsung, selain pintar (brain), seorang duta baca harus memliki sikap (attitude) yang mendukung, kemudian harus bisa berbahasa Indonesia yang baik dan benar serta menguasai bahasa asing (native tongue).

Saat kantina, aspek kerja sama dan sosialiasi (network) dan faktor ‘kebaikan’ (kind) menjadi salah satu komponen penilaian. Diharapkan duta baca terpilih dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan berguna bagi masyarakat (useful). “Pasca pemilihan, semua duta baca diharapkan bisa mengaplikasikan ABNONKU dalam kesehariannya. Mereka akan ditugasi mensosialisasikan perpustakaan ke sekolah dan masyarakat. Selain itu mereka berperan untuk meningkatkan kepedulian bersama terhadap kaum minoritas, khususnya anak-anak kurang mampu yang sebenarnya memiliki potensi,” ucap ketua Ikatan Abang None Buku (IkANoBu) DKI Jakarta, Dea Fiany.

Duta baca yang terpilih dalam grand final Abnon Buku 2011 adalah:
Abang dan None Buku 2011 : Abang Marinda (Jak-Pus) & None Kartika (Jak-Pus)
Wakil 1, Abang dan None Buku 2011 : Abang Aldrie (Jak-Sel) & None Ezi (Jak-Ut)
Wakil 2, Abang dan None Buku 2011 : Abang Dika (Jak-Sel) & None Deveta (Jak-Ut)

Abang dan None Buku Favorit 2011 : Abang Eko (Jak-Tim) & None Prissilia (Jak-Bar)
Abang dan None Buku Persahabatan 2011 : Abang Gigih (Jak-Bar) & None Widya (Jak-Ut)

Berita Dalam Gambar







1 comment:

Contact

Contact me:

Facebook: Dedy Arfiansyah

Linkedin: Dedy Arfiansyah

Youtube: @darfians

Twitter: @DArfians

Line: @darfians

Instagram: @darfians

Email: ianomics@gmail.com

Email: dear51@alumni.ui.ac.id

Carousell: https://carousell.com/darfians

Address:

Jl. Setiabudi II Jakarta Selatan

Work Time:

Monday - Friday, from 10am to 6pm

Phone:

+62 813 177 60 888

My Fav Song (2019, June)
Christina Aguilera - Fighter