Tuesday, July 15, 2014

FYI #1

Sebagian ilmu diberikan Allah kepada sebagian orang, sebagian lagi diberikan kepada sebagian orang yang lainnya. Sungguh ilmu yang kita ketahui sangat sedikit, sedangkan maha luas ilmu yang dimiliki oleh Allah SWT.

"... dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit" (QS. Al-Israa' : 85).

Berdasarkan ayat di atas, jelas manusia tidak boleh memiliki sifat sombong atas pengetahuan yang dimiliki. Pesan implisit lainnya, kita harus terus meng-upgrade diri dengan cara belajar dan saling berbagi informasi dari segala sesuatu yang telah diketahui.

Berangkat dari pemikiran tersebut, mulai 15 Juli 2014, saya akan mem-posting beberapa informasi yang tiap edisinya diberi judul FYI (For Your Information). Tiap edisi akan ada sembilan informasi yang didapatkan dari narasumber terpercaya. Namun, saya juga dapat melakukan kesalahan dalam mencerna maksud dan menerbitkan infomasi yang disampaikan. Oleh karena itu, mohon koreksi jika terdapat kesalahan, Correct Me If I'm Wrong #CMIIW.

(1) Indonesia tidak dijajah selama 3 1/2 abad. Yang dijajah selama itu hanya Solo dan Jogja. (Prof. Dorodjatun Kuntjoro-Jakti, Ph.D)

(2) Negara yang telah memiliki peradaban perang yaitu: USA, Irak, India, Yunani, Persia, dan Cina. Indonesia belum memiliki peradaban perang. (Prof. Dorodjatun Kuntjoro-Jakti, Ph.D)

(3) Politik bebas aktif dicetuskan oleh founding father Indonesia. Bebas maksudnya independent of thinking, sedangkan aktif berarti freedom of action. Jadi, bebas aktif tidak berarti netral. Agar terwujud perdamaian, Indonesia perlu terus melakukan diplomasi. Namun jika diserang, boleh saja memihak. Indonesia tidak perlu netral jika ada "tawuran" yang besar, bisa jadi Indonesia memihak kepada salah satu major powers (Amerika Serikat atau China), tentu dengan penghitungan yang matang. (Prof. Dorodjatun Kuntjoro-Jakti, Ph.D)


(4) Sensus penduduk dilakukan pada tahun yang akhirnya angka 0 (1990, 2000, 2010, dst). (Prof. Mayling Oey Gardiner, Ph.D)

(5) Kategori mobilisasi: (a) desa - kota disebut urbanisasi; (b) antar daerah disebut transmigrasi; dan (c) antar negara disebut internasional. Namun, definisi urbanisasi yang tepat adalah pertambahan penduduk kota, bukan perpindahan penduduk dari desa ke kota. (Dr. Sonny Budi Rahmadi)

(6) Pada tahun 2030, 3 dari 4 penduduk Indonesia akan hidup di daerah kota. Hal ini bisa terjadi karena urbanisasi dan pemekaran kota. (Prof. Suahasil Nazara, Ph.D)

(7) Sejak lama (krisis dan non krisis), sektor pertanian termasuk kategori padat modal (capital intensive), bukan padat karya (labor intensive). Hal tersebut karena return terhadap pemilik capital > pemilik labor. (Dr. Aris Yunanto)

(8) Negara maju yang memiliki sistem ekonomi liberal juga melakukan proteksi terhadap pasar mereka, biasanya sektor yang sangat diproteksi yaitu pertanian. Mereka menghambat impor barang pertanian yang mereka bisa produksi sendiri dan hanya impor jika mereka tidak memiliki atau tidak bisa melakukan produksi. Efek negatifnya, kita mengalami kesulitan untuk mengekspor barang-barang pertanian tersebut. (Prof. Lepi T. Tarmidi, Ph.D)

(9) Indonesia selalu kalah dalam melakukan negosiasi karena dua hal. Pertama, tidak mengetahui substansi, sehingga tidak mengerti apa yang dirundingkan. Kedua, kendala non substansi, yaitu tidak memiliki kemampuan berbahasa inggris yang setara. (Dr. Adi Jaya Yusuf)

0 Comment:

Post a Comment

Contact

Contact me:

Facebook: Dedy Arfiansyah

Linkedin: Dedy Arfiansyah

Youtube: @darfians

Twitter: @DArfians

Line: @darfians

Instagram: @darfians

Email: ianomics@gmail.com

Email: dear51@alumni.ui.ac.id

Carousell: https://carousell.com/darfians

Address:

Jl. Setiabudi II Jakarta Selatan

Work Time:

Monday - Friday, from 10am to 6pm

Phone:

+62 813 177 60 888

My Fav Song (2018, October)
Britney Spears - I Wanna Go